Welcome to HMJ Tarbiyah's blog, TETAP SEMANGAT DAN JANGAN LUPA BAHAGIA

Rabu, 04 Mei 2016

KONSOLIDASI RAKER HMJ TARBIYAH


KONSOLIDASI RAPAT KERJA BERSAMA KEPALA JURUSAN TARBIYAH, HMJ TARBIYAH, HMPS (PAI-PBA-PGRA-PGMI), UKM SPEACH DAN UKM LPTQ

Jum’at, 5 Februari 2016. Sekitar pukul 7 pagi di lantai 3 gedung pasca sarjana diadakan konsolidasi antara organisasi-organisasi yang ada dibawah naungan jurusan Tarbiyah. Mulai dari HMJ sebagai organisasi tertinggi, empat HMPS dibawah naungan HMJ Tarbiyah (HMPS PAI, PBA, PGRA,PGMI), serta dua UKM yang juga dibawah naungan jurusan Tarbiyah, yakni UKM Speach dan UKM LPTQ.
Acara yang dihadiri sebagian besar anggota organisasi-organisasi diatas juga dihadiri oleh pak Sugeng Sholehuddin selaku kajur Tarbiyah, pak Ahmad Jaeni selaku kaprodi PBA, bu Ely Mufida selaku kaprodi PGMI, dan bu Siti Mumun Muniroh selaku kaprodi PGRA.
Acara inti pertama dikendalikan oleh sambutan dari pak Sugeng Sholehddin, yang pada intinya mengajak semua mahasiswa, wabilkhusus organisasi-organisasi yang pusatnya di graha Stain Pekalongan untuk menyukseskan acara besar di sepanjang bulan Mei, acara dimana yang dijadikan sebagai Dies Natalis Tarbiyah, yang mana dalam konsepnya di bulan itu akan diadakan beberapa macam kegiatan. Mulai dari dibukanya Stan-stan penjualan di depan gedung Pasca, hingga yang terbesar dan diharapkan kesuksesannya oleh beliau adalah mendatangkan dalang ki Enthus dari Tegal untuk mengisi seminar dan dialog bersama.
Selanjutnya ada pak Jaeni, yang dalam sambutannya lebih membahas tentang prodi yang dipimpinnya, yakni Bahasa Arab. Beberapa hal dijelaskan oleh beliau seperti gedung baru yaitu gedung H, gedung yang lantai dasarnya merupakan area khusus ruangan bahasa Arab. Dimana pada area harus dimaksimalkan sebaik mungkin oleh mahasiswa PBA untuk mensyi’arkan bahasa Arab, entah itu dialog bahasa Arab di lantai dasar dan kegiatan lainnya.
Sambutan berikutnya dari kaprodi PGMI,  yakni bu Ely Mufida. Dalam sambutannya cukup singkat dan tidak terlalu lama. Yakni imbauan kepada mahasiswa PGMI untuk melaksanakan semua programnya, dan khususnya menghimbau agar kegiatan-kegiatan yang ada di bulan Desember 2016 proses pengajuan proposal kegiatannya harus ada di bulan November. Karena menurut beliau pintu keluarnya anggaran ditutup di bulan November, jadi pengajuan proposal anggarannya harus dipercepat.
Terakhir, ada bu Siti Mumun Muniroh, kaprodi PGRA. Beliau menghimbau agar acara konsolidasi ini dibahas dengan santai. Kemudian di sela-sela acara beliau menanggapi pernyataan pak Sugeng Sholehudin tentang Studi banding, yang mana untuk PGRA tahun ini dihimbau untuk tidak tergesa-gesa melakukan kegiatan studi banding, dan yang diinginkan beliau adalah mengkaji hasil studi banding tahun lalu dan menerapkannya di lingkungan PGRA, khususnya di STAIN Pekalongan.
Lalu, setelah ke empat dosen itu selesai memberikan sambutannya masing-masing, acara diambil oleh MC acara dan ketua HMJ, mas Rotib Muntaqo. Dimana dalam tahapan ini, acaranya adalah konsiladasi atau bahasa Jawanya adalah menyamakan beberapa program kerja HMJ Tarbiyah dengan ke empat HMPS dan kedua UKM dibawah naungan Tarbiyah, jika ada yang kebetulan program kerjanya sama, bisa dilakukan bersama dalam satu waktu dan satu tempat agar semuanya lebih efektif dan efisien. Selain itu HMJ Tarbiyah juga menawarkan berbagai macam kegiatan pada organisasi-organisasi itu apakah mau dilakukan bersama atau tidak. Begitu intinya.
Lantas karena acara itu dikejar oleh waktu, yaitu hari Jum’at, yang mahasiswa harus ada Jum’atan tentunya. Acara konsolidasi program kerja itu dilakukan dengan terburu-buru dan tidak memberikan pada teman-teman yang hadir untuk banyak berpendapat. Namun pada intinya, tujuan kumpul-kumpul ini setidaknya telah tercapai meskipun tidak maksimal, yaitu gabungnya beberapa program kerja yang dilaksanakan oleh HMJ Tarbiyah dengan organisasi-organisasi dibawah naungannya. Seperti PGMI-HMJ dalam acara Muharram, PBA-HMJ dalam acara Tarbiyah Cup, PBA-Speach dalam rangka menghidupkan bahasa Arab di lingkungan STAIN Pekalongan, dan beberapa kebijakan yang lainnya.
Ya, seperti itulah hasil dari rapat yang dilaksanakan pada Jum’at dari jam 7 pagi sampai sekitar pukul 11.30 itu.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar